Bootstrap #1 : Pengenalan Bootstrap

 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..
Haloo sahabat front end, perkenalkan nama saya Yolanda dan pada postingan pertama ini saya akan membahas mengenai Boostrap. Apa itu Bootstrap dan bagaimana sejarahnya?  Serta bagaimana cara mendapatkannya?

Apa itu Bootstrap?

Bootstrap adalah framework HTML, CSS dan JS yang paling populer digunakan untuk membuat tampilan/prototype sebuah website. Bootstrap memanjakan kita dalam membuat tampilan web membuat pekerjaan para sahabat front-end menjadi lebih mudah dan cepat. Bootstrap telah menyediakan class CSS dan plugin Javascript yang bisa langsung kita pakai.Dengan bootstrap, Anda hanya perlu memanggil nama-nama class yang sudah disediakan di setiap tag html yang kita gunakan. Bootstrap bersifat open source sehingga dapat digunakan dan dikembangkan oleh siapapun. Saat ini Bootstrap dikembangkan secara open source dengan lisensi MIT. Kita bisa memantau perkembangan proyek Bootstrap melalui web resminya di getbootstrap.com dan Githubnya di https://github.com/twbs/bootstrap

Sejarah Bootstrap

Bootstrap awalnya dibuat dan dikembangkan oleh pekerja / programmer Twitter, yaitu Mark Octo dan Jacob Thornton sejak tahun 2011. Saat itu memang para programmer di Twitter menggunakan berbagai macam tools dan library yang mereka kuasai dan disukai untuk melakukan pekerjaannya, sehingga tidak ada standarisasi dalam penamaan suatu class. Akibatnya sulit untuk dikelola, maka dari itu keduanya membuat suatu tools ataupun framework yang digunakan bersama dilingkukan internal twitter.

Sejak diluncurkan pada bulan agustus 2011, bootstrap telah berevolusi dari proyek yang hanya basis css menjadi sebuah framework yang lebih lengkap yang juga berisi javascript plugin, icon, Forms, dan button.

Pada januari 2012, Bootstrap merealease Versi 2.0 yang didalamnya sudah memasukan fitur responsive layout, dan sejak itu penggunaan Bootstrap sangat banyak sekali sehingga menjadi proyek Github yang sangan banyak di copy hingga 20.000 kali.

Dua tahun setelah itu tepatnya pada bulan agustus 2014 bootstrap kembali mengeluarkan versi terbaru yaitu versi 3.0 yang didalamnya sudah mengakomodasi konsep Mobile first artinya didalam pembuatan dan pengembangan mulai dari layar yang terkecil dahulu (mobile / handphone/ smartphone) dan secara bertahap pada tampilan yang paling besar.

Dan baru-baru ini bootstrap merilis versi 4.0 (sebelumnya pada tahun 2017 sudah dirilis versi betanya) sebagai penyempurnaan dokumentasi dan menambah beberapa fitur tambahan yang saat ini sedang booming yaitu dengan memberikan tampilan lebih baik bagi para pengembang ecommerce , dan tampak lebih stabil dan dengan ini maka versi 2.0 dan 3.0 tidak akan ada lagi support atau update dalam penggunaannya.(Reference)

Lalu apa perbedaan dari versi 4.0 yang baru saja rilis dengan sebelumnya versi 3.0? Untuk perbedaannya akan kita bahas pada postingan berikutnya ya. Sekarang langsung saja kita bahas apa saja cara untuk mendapatkan bootstrap.

How to get Bootstrap?

Untuk mendapatkan bootstrap terdapat beberapa cara yang paling umum digunakan:

  1. Download Compiles CSS dan JS

    Anda dapat mendownload file bootstrap yang telah telah dikompilasi dan dikecilkan terdiri dari paket CSS dan JS dalam bentuk .zip.

    NOTE: File yang di download tidak termasuk Jquery dan JS pendukung lainnya.

  2. Download Source Files

    Anda dapat mendownload seluruh source files pada bootstrap dan menggunakannya sesuai yang anda butuhkan. Di dalamnya terdapat seluruh file Less, Sass, CSS, JavaScript, serta dokumentasinya.

  3. Menggunakan Bootstrap CDN

    Jika anda bekerja secara online anda dapat menggunakan BootstrapCDN, yaitu layanan CDN (Content Delivery Network) yang khusus menyediakan file untuk Bootstrap. Anda hanya perlu mendeklarasikan link BootstrapCDN di dalam tag HEAD sama seperti Anda melakukan include file eksternal saat membuat script HTML.

  4. Menggunakan Composer

    Anda juga dapat menginstal dan mengelola Boostrap Less, Sass, CSS, JS dan Font menggunakan composer.

Nah, sekian pembahasan kita pada postingan ini mengenai Pengenalan Bootstrap. Selanjutkan akan dibahas pada postingan saya berikutnya ya 😊

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.