Public Hearing I Jurusan Sistem Informasi

photo6217592810757007315

Selasa, 26 Maret 2018 lalu telah dilaksanakannya Public Hearing pertama periode HMSI 2017/2018 di Ruang Rapat Fakultas Teknolgi Informasi Unand. Public hearing ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknologi Informasi Dr. Ahmad Syafruddin Indrapriyatna, M.T. , Ketua Jurusan Sistem Informasi Hasdi Putra, M.T. , Ketua Program Studi Sistem Informasi  Husnil Kamil, M.T. , Gugus Kendali Mutu Ricky Akbar, M.Kom. , dan mahasiswa aktif Sistem Informasi angkatan 2012 – 2017 yang dimoderatori langsung oleh Ketua Himpunan Sistem Informasi Tata Bayu Amarta.

photo6217592810757007314

Public Hearing kali ini berfokus pada Tugas Akhir, sosialisasi mengenai SIMTA (Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir) serta membahas hal-hal yang dirasa perlu untuk Jurusan Sistem Informasi Unand yang lebih baik. Adapun hasil dari public hearing Jurusan Sistem Informasi dapat dirangkum dalam beberapa poin.

  1. Pihak Fakultas Teknologi Informasi akan menyediakan dana Rp500.000,- bagi mahasiswa yang mengikuti perlombaan dan telah lulus sampai tahap penyeleksian. Bagi mahasiswa yang mendapatkan penghargaan (juara) adanya tambahan dana Rp500.000,-
  2. Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Andalas yang dinyatakan lulus dan telah mendapatkan gelar S.Kom. dituntut untuk memilki sertifkat pendamping ijazah yang dapat mempermudah dalam melamar pekerjaan.
  3. Wisuda Unand Periode II 2018 dilaksanakan pada 29 – 30 Juni.
  4. Adanya 3 Profil Lulusan untuk Standar Kelulusan Sistem Informasi yang menjadi topik Tugas Akhir.
  • Developer / Programmer (perancangan)
  • ERP Specialist / GIS Specialist
  • Database Specialist (database)
  1. Topik E-Goverment dan Data Mining masih dalam tahap percobaan.
  2. Belum adanya mekanisme dalam standarisasi tugas akhir. Pelaksanaannya hanya berdasarkan kesepakatan antara dosen pembimbing dan mahasiswa bimbingan saja, sehingga diambillah keputusan untuk meniadakan Seminar Proposal.
  3. Dosen Pembimbing Tugas Akhir akan mendampingi maksimal 10 mahasiswa bimbingan dan pengerjaan Tugas Akhir dilaksanakan selama 5 bulan.
  4. Pengajuan judul Tugas Akhir tidak bersifat mutlak dan sesuai dengan kesepakatan antara dosen pembimbing dan mahasiswa bimbingan.
  5. Telah launching SIMTA (Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir) pada Public Hearing JSI kali ini dengan pengontrolan yang lebih ketat.
  6. Saat ini SIMTA hanya dapat diakses internal pada fti.unand.ac.id.

Harapan dari pihak Jurusan Sistem Informasi yaitu jika mahasiswa menemukan kesalahan pada sistem ini dapat memberitahu pihak jurusan untuk kebaikan SIMTA nantinya.

 

Penulis : Syifa Chairunnissa D.A

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.