Sekretariat Himpunan Dipindahkan, sudahkah Efektif?

Rabu, 18 Oktober 2018 lalu telah dilaksanakan Public hearing kedua Fakultas Teknologi Informasi yang bertempat di Ruang Rapat Fakultas Teknologi Informas Universitas Andalas. Kegiatan ini dihadiri oleh dekanat, unsur pimpinan dan dosen FTI serta perwakilan dari lembaga-lembaga mahasiswa serta mahasiswa FTI pada umumnya. Public hearing ini merupakan tindak lanjut dari Public hearing pertama yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

249957

Dekan Fakultas Teknologi Informasi menyampaikan tanggapan saat Public Hearing

Salah satu hal yang paling menyita perhatian pada public hearing ini adalah dipindahkannya sekretariat Himpunan Mahasiswa Sistem Komputer (HSMK) dan Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI) ke gedung PKM FTI. Pemindahan ini, menurut dekan, ditujukan agar memenuhi kebutuhan ruangan untuk ruang dosen, ruang Tugas Akhir (TA), serta labor yang akan dibentuk. Hal ini juga agar infrastruktur yang dibutuhkan fakultas, baik untuk proses akademis maupun operasional dapat berjalan dengan baik.

Namun, hal tersebut  jelas-jelas bertentangan dengan hasil diskusi pada public hearing sebelumnya yang mengatakan bahwa sekretariat himpunan tidak akan dipindahkan. Selain itu, tidak adanya pemberitahuan terlebih dahulu melalui pihak jurusan yang merupakan penanggung jawab Himpunan Mahasiswa Jurusan, maupun langsung ke himpunan sendiri. Apakah secara prosedural hal tersebut sudah benar? Atau ini memang hanya keputusan sepihak dari fakultas demi ‘kebaikan’mahasiswa?

Pernyataan-pernyataan yang terlontar dari pihak pemangku jabatan pun cenderung menyinggung. Dikatakan bahwa sekretariat hanya menjadi tempat ­kongko-kongko (tongkrongan) mahasiswa. Apakah hal tersebut berdasarkan survey? Atau hanya yang tampak? Berkaitan dengan hal tersebut, Sekretariat himpunan sendiri menjadi pusat kegiatan akademis di luar jam perkuliahan. Banyak diantara mahasiswa yang belajar kelompok, sharing materi perkuliahan, bahkan membuat Tugas Akhir di sekretariat Himpunan Jurusan. Apakah ini yang didefinisikan ­kongko-kongko oleh pihak fakultas?

Seperti yang sudah disebutkan juga, pemindahan ini tidak melalui pemberitahuan sebelumnya. Sedangkan pernyataan dari pihak fakultas bahwa pemindahan ini bersifat tetap. Himpunan Jurusan sendiri berada langsung dibawah lembaga Jurusan. Hal ini menimbulkan tanda tanya, bisakah hal ini dilakukan tanpa pemberitahuan sebelumnya? Meskipun pihak fakultas menjamin pemindahan ini dibarengi dengan kemudahan peminjaman fasilitas fakultas, sudah efektifkah ruangan PKM dengan luas tidak lebih dari 3×2 meter menunjang kegiatan himpunan?

Masalah-masalah tersebut rasanya tidak bisa hanya diselesaikan di public hearing saja. Perlu dilakukan diskusi untuk pengkajian ulang berkaitan dengan pemindahan. Pihak Himpunan sendiri belum mengatakan setuju atau tidak setuju berkaitan dengan pemindahan ini. Akan dilakukan diskusi terlebih dahulu dengan anggota himpunan dan penyampaian pendapat ke dekan Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas. (HUMAS/HMSI/UNAND)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.